Artikel

Hidup Bersama Al-Qur'an

Ditulis tanggal :16-09-2019 14:10

Al-Qur’an adalah kitab suci yang kita imani, yang berisi putunjuk hidayah kepada jalan yang lurus, jalan keselamatan, sirathal mustaqim. Dimana Allah jelaskan didalam ayatnya

“Sesungguhnya Al Qur’an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu´min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS Al-Isra’ : 9).

Di samping itu, Al-Qur’an juga merupakan petunjuk untuk hamba-hamba-Nya yang bertakwa khususnya dan petunjuk umum bagi seluruh manusia.

Petunjuk bagi seluruh kemaslahatan baik dunia maupun akhirat. Al-Quran merupakan sumber rujukan bagi kehidupan manusia. Tanpa Al-Quran, manusia akan menyimpang dan tersesat dari tujuan yang sebenarnya. Ini seperti Allah tegaskan di dalam ayat:

“Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa.” (QS Al-Baqarah: 2).

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).” (QS Al-Baqarah : 185).

Hidup dengan Al-Qur’an merupakan suatu kenikmatan yang tiada tara. Cara kita berinteraksi dengan Al-Qur’an adalah dengan memacanya atau bertilawah lalu setelah mulailah untuk menghafalkannya dan kemudian mengamalkannya. Dengan begitu hidupkita akan terasa lebih indah jika kita sudah bisa melakukan 3 hal diatas dengan niat tulus karena Ridha Allah SWT.

Ada beberapa manfaat hidup bersama Al-Qur’an :

  1. Melahirkan jiwa yang sabar.
  2. Melembutkan Hati.

Ulama mengatakan “Sesungguhnya hati itu mengkristal sebagaimana mengkristalkan besi, maka lembutkanlah ia dengan alquran. Orang yang sering berinteraksi dengan al quran maka dia akan mempunyai hati yang lembut. Tidak mudah marah. Karena, kita tahu bahasannya marah adalah salah satu sifat yang dimiliki oleh setan.”

3. Mengokohkan Hati.

Orang yang sering berinteraksi dengan alquran hatinya akan kokoh,imannya akan kuat, dan dia tidak mudah dipengaruhi oleh hal hal yang berdampak negatif.

4. Sebagai nasihat ketika kita merasa sedih dan gundah.

 

 

 

 


Komentar


  •   AMANAT PEMBINA UPACARA HUT RI KE 74 di PESANTREN...
  •   7 Manfaat Ikut Kegiatan Pramuka di Sekolah...
  •   Buang Jauh-Jauh Rasa Takut Kepada SelainAllah...
  •   Manfaat dan keutamaan shalat tahajjud...
  •   Beberapa Syarat Mencegah Kemungkaran Menurut...
  •   Exercise: Tinjauan Nahwu Shorof pada Hadits...
  •   Manajemen ...
  •   Hidup Bersama Al-Qur'an...
  •   Libatkan Al-Quran ...
  •   KIAT-KIAT DALAM MEMBACA AL-QUR'AN AL-KARIM...
  • Pencarian

    Login Form

    Jajak Pendapat

    Bermanfaatkah Website sekolah bagi anda
    Ragu-ragu
    Tidak
    Ya
     Lihat

    Kalender

    Jan / 2020
    Mi Se Se Ra Ka Ju Sa
    1 2 3 4
    5 6 7 8 9 10 11
    12 13 14 15 16 17 18
    19 20 21 22 23 24 25
    26 27 28 29 30 31